7 Permainan Outbound Low Impact yang Aman untuk Dimainkan

Bingung pilih permainan outbound yang aman tanpa resiko? berikut adalah 7 permainan outbound low impact yang kami rekomendasikan untuk Anda!

Pada umumnya, kegiatan outbound yang sering kita kenal adalah Flying Fox, Arum Jeram dan berbagai kegiatan yang dilakukan di luar ruangan. Namun, outbound tidak harus selalu berkeringat dan memacu adrenalin, ada juga kok kegiatan outbound yang tidak melelahkan atau low impact!

1. human knot

Human Knot merupakan permainan yang membutuhkan tingkat konsentrasi yang cukup tinggi. 

Peralatan: tidak dibutuhkan peralatan apa-apa. 

Cara bermain: Untuk memainkannya peserta harus berdiri membentuk lingkaran dan memegang tangan anggota lainnya secara acak. Kemudian para peserta harus dapat menguraikan kaitan tanpa melepas tangan satu sama lain. Agar permainannya terasa lebih intens dapat ditentukan waktu bermainnya, sehingga kelompok yang lebih cepat menguraikan kaitan dan membentuk satu lingkaran yang rapi adalah kelompok pemenangnya.

2. Minefield

Minefield bertujuan untuk meningkatkan teamwork dan kolaborasi antar anggota untuk menyelesaikan suatu isu. 

Peralatan

  • Penutup mata
  • Isolasi untuk menandakan garis start dan finish,
  • Berbagai objek acak sebagai ranjau. 

Cara bermain: Salah satu anggota ditugaskan untuk melintasi area rintangan dengan mata tertutup, sementara anggota lainnya membimbing mereka untuk melewati dengan memberikan instruksi. Jika anggota kelompok mengenai ranjau, maka anggota tersebut harus memulai perjalanannya dari awal.

3. Trust Walk

Trust Walk adalah permainan untuk membangun Kerjasama dan kepercayaan pada anggota kelompok. 

Peralatan:

  • Penutup mata  
  • Barang acak untuk dijadikan rintangan.

Cara bermain: Sama dengan permainan minefield, trust walk juga merupakan permainan dimana salah satu pemain diminta untuk menutup mata dan ditugaskan melintasi suatu wilayah dengan instruksi dari teman yang lainnya. Perbedaannya pemain trust walk hanya terdiri dari dua anggota kelompok.

4. Spider’s Web

Spider’s web merupakan permainan yang bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan kerja sama antar anggota kelompok. 

Peralatan: 

  • Tonggak,
  • Tali
  • Helm. 

Cara bermain: 

  • Anggota kelompok ditugaskan untuk melalui jaring laba laba tersebut, namun tidak boleh melalui lubang yang telah dilalui oleh teman sebelumnya. 
  • Saat melintasi jaring laba-laba, anggota kelompok juga tidak diperbolehkan untuk menyentuh jaring tersebut.

5. Blind Polygon

Blind Polygon adalah permainan untuk membangun teamwork. 

Peralatan: 

  • Tali panjang dan 
  • Penutup mata bagi masing-masing peserta. 

Cara bermain: 

  • Sebelum bermain, peserta harus menentukan cara berkomunikasi dengan satu sama lain karena ketika permainan dimulai peserta dilarang berbicara. 
  • Saat permainan dimulai peserta harus menutup mata dan memegang tali sembari mengikuti instruksi yang diberikan instruktur dalam waktu yang ditentukan. 
  • Tali tidak boleh jatuh dari pegangan dan jika kelompok sudah yakin dengan bentuk barisannya yang menyerupai polygon/rectangle/pentagon, maka salah satu anggota dapat membuka penutup matanya.

6. Magic Carpet

Magic Carpet adalah permainan yang melatih kemampuan problem-solving dan teamwork. 

Peralatan: Diperlukan Sprei atau selimut atau karpet untuk memainkan permainan ini.

Cara bermain: 

  • Dalam permainan ini, anggota kelompok diminta untuk berdiri di atas karpet dan ditugaskan untuk membalikkan karpet, sehingga sisi yang menempel ke lantai sekarang menghadap ke atas
  • Namun anggota kelompok yang ada di atas karpet tidak boleh menyentuh lantai. 
  • Jika ada anggota yang jatuh dari karpet, maka kelompok tersebut dieliminasi.

7. Puzzle Pieces

Peralatan: Seperti namanya, hal yang diperlukan untuk memainkan permainan ini adalah puzzle.

Cara bermain: Permainan team building ini menugaskan setiap kelompok untuk menyelesaikan puzzle secepat mungkin dengan bekerja sama dengan tim lain, karena kepingan puzzle disebarkan di berbagai kelompok yang bermain. 

Dengan pilihan kegiatan outbound low impact ini akan memperluas demografi peserta kegiatan outbound, sehingga dari kegiatan ini dapat dilakukan oleh orang-orang dari berbagai kelompok usia. Permainan ini dapat kalian rencanakan dengan Jejak Outbound. Jejak Outbound sudah berpengalaman selama lebih dari 14 tahun dalam bidang kegiatan outbound, jadi tidak perlu diragukan lagi tingkat profesionalitas dan keamanannya! Anda dapat melakukan konsultasi rencana kegiatan outbound anda dengan mengunjungi website Jejak Outbond.