LDKS MELALUI BERBAGAI PERMAINAN OUTBOUND

Transfer Hola hoop

Kegiatan LDKS menjadi salah satu agenda yang biasanya di lakukan setelah reorganisasi pengurus OSIS. Kegiatan Outbound LDKS dengan berbagai macam permianan tak hanya memiliki tujuan untuk melatih kepemimpina siswa saja, namun juga mengasah hard skill dan soft skill siswa. Soft skill seperti, komunikasi, kerja sama, pemecahan masalah, kepemimpinan, management waktu, kemempuan beradaptasi dan juga kreativitas. Dengan berkembangnya soft skill siswa maka di harapkan akan terlahir Sumber Daya Manusia denga kualitas unggul yang memiliki keberanian, kreativitas, kepercayaan diri, tanggung jawab, kebersamaan dan rasa toleransi. Sehingga, visi dan misi dari Organisasi dapat tercapai.

Melalui kegiatan Outbound soft skill dan hard skill siswa dapat berkembang dengan sendirinya. Pengembangan soft skill ini dapat di lakukan di alam terbuka sehinggga siswa akan merasa nyaman dan juga bersemangat. Outbound LDKS melalui berbagai macam permainan kelompok dan juga individu akan memberikan pengalaman kerja sama secara langsung kepada para siswa. Permainan kelompok menggambarkan kehidupan organisasi secara langsung. Dan bagaimana setiap kelompok menyelesaikan tantangan di situlah pengalaman gagal dan berhasil yang akan dirasa dan dipelajari oleh para siswa.

tujuan LDKS

Outbound LDKS dengan berbagai macam permainan tak hanya bertujuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan atau sekedar bersenang-senang saja namun juga memiliki tujuan seperti :

  • Melatih kerja sama dalam satu tim
  • Mengenal satu sama lain antar anggota kelompok
  • Melatih kedisplinan
  • Melatih rasa kebersamaan
  • Melatih rasa tanggung jawab
  • Mengenal kemampuan dan kelemahan diri
  • Melatih kreativitas
  • Melatih kemandirian
  • Menanamkan nilai-nilai positif dalam bekerja sama
  • memotivasi diri lebih kuat dan lebih bersemangat

Contoh Permainan Outbound

Jenis permainan outbound berperan penting dalam kegiatan LDKS, tanpa outbound LDKS yang hanya berisi materi akan membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Berikut ini merupakan contoh-contoh permainan Outbound untuk LDKS :

  1. Transfer Holahop, Peserta hatus bergandengan dan tidak boleh berpisah, holahop harus berpindah dari peserta pertama haingga terakhir, tanpa boleh terlepas.
  2. Jumping Jack, Permianan ini akan menguji konsentrasi para siswa. Peserta akan berbaris dengan tim mereka, kemudian petugas Outbound akan memberika arahan. Semisal petuga teriak “kanan” maka peserta harus bergeser ke kiri begitu juga sebaliknya.
  3. Kain terbalik, pada permainan ini semua peserta kelompok akan berdiri di atas selembar kain. Mereka harus membalikan kain tanpa ada kaki yang keluar dari dalam kain tersebut.
  4. Pipa Bocor, tantangan dalam permainan ini adalah mengisi air dalam pipa bocor kosong yang berisi bola. Di mana salah satu anggota bertugas mengambil air dan menuangkan kedalam pipa, sedang perseta lainya menutup lubang-lubang pada pipa.
  5. Take the ball, kerja sama tim di sini adalah mengambil bola dengan batasan yang tidak boleh di lalui. Mulai dari bola terekat hingga bola terjauh.
  6. Serang balon, kelompok akan berbaris, peserta yang berada barisan terdepan adalah yang akan memecahkan dan peserta paling belakang yang memiliki balon di belakangnya. Masing-masing kelompok akan mengejar balon kelompok lain untuk dipecahkan.
  7. Moving the ball, masing-masing peserta memegang tali yang mana di atas tali tersebut ada bola. Bola tersebut harus dipindahkan dan dalam proses pemindahan bola tidak boleh jatuh.
  8. Tebak Gaya, dalam permainan ini barisan paling depan akan mendapatkan intruksi gaya, dan menyalurakan gaya pada baris-baris belakangnya.
  9. Tarik tambang, dipermainan ini 2 kelompok akan saling menarik tambang.
  10. Kaki Seribu, Masing-masing peserta duduk berderet dan kaki peserta belakangnya akan di jepit oleh tangan peserta yang berada di depanya. Mereka akan berlomba untuk sampai di garis finish tanpa boleh terlepas.

Dengan adanya Outbound LDKS soft skill siswa dapat maingkat dan terus berkembang, terlebih soft skil merupakan salah satu hal penting untuk kehidupan sehai-hari. Dan soft skill yang baik akan melahirkan generasi – generasi penuh motivasi tinggi, dengan berbagai macam kreativitas sehingga mampu menjadi tauladan baik bagi kehidupan.

Baca juga : 5 Tempat Outbound murah di Bogor

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *